Camat Klirong : Perangkat Desa Harus Paham Aturan

TANDANGAN SK - Kepada desa menandatangani SK pengangkatan perangkat desa hasil penataan dan sotk, dibalaidesa, kemarin (foto redaksi)

TAMBAKPROGATEN – Perangkat desa memegang peranan penting dalam upaya peningkatkan kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, sumber daya yang berkualitas dengan memahami tugas pokok fungsi (tupoksi) sesuai dengan jabatan dan pekerjaan yang mereka lakukan mutlak diperlukan.

Hal tersebut dikatakan Camat Klirong, Prawoto SSos, saat memberikan sambutan dalam pelantikan dan perangkat desa hasil penataan dan Susunan Organisasi Tata Kelola Pemerintahan (SOTK), dibalaidesa Tambakprogaten, Kamis, 1/2 kemarin.

“Perangkat desa harus memahami aturan yang berkait dengan tupoksi mereka, bukan hanya paham aturan yang berhubungan dengan hak saja,” tegasnya.

Aturan yang telah ada akan memudahkan dan bisa menjadi petunjuk dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan posisinya masing-masing. Aturan baik itu melalui UU, Permen dan Perbup lanjutnya, bisa menjadi acuan dalam menjalankan roda pemerintahan di desa.

Dukungan pemerintah pusat melalui pendaaan desa melalui dana desa (DD), menjadi nilai lebih yang diharapkan bisa menjadi pendukung untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa.

“Penggunaan dana desa, kegiatan produktif apa yang bisa dibiayai, desa sekarang mempunyai kekuatan sendiri dengan dukungan pendanaan yang besar. Kreatifitas dan terobosan dari perangkat desa sangat diperlukan untuk mempercepat proses pembangunan di desa, dengan mengacu aturan yang ada tentunya,” lanjutnya.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada perangkat desa untuk terus berproses, baik itu terkait terobosan dan inovasi yang terkait kemajuan desa dan juga aturan-aturan yang harus menjadi acuan menjalankan pekerjaan tersebut.(bhe)

Facebook Comments

Kegiatan Mendatang

Tidak ada kegiatan mendatang.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan