Foto Udara di Lapangan Desa

Foto Agus Rohman
FOTO UDARA-Warga dan anak-anak sedang belajar foto udara menggunakan drone dilapangan setempat kemarin. (foto Agus Rohman)

TAMBAKPROGATEN – Nama drone ramai diperbincangkan, dan menjadi topik obrolan masyarakat Tambakprogaten. Bagi mereka, benda terbang untuk menangkap gambar udara yang dikendalikan dengan menggunakan remot ini memang masih terasa asing.

Hal tersebut juga yang mendorong puluhan warga yang didominasi anak-anak tampak memadati lapangan sepakbola desa setempat. Walaupun kondisi rumput yang sedikit basah karena diguyur hujan selama dua hari. Mereka tetap antusias untuk menonton langsung saat tim Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Pertanian Bogor (PSP3-LPPM IPB) melakukan pemetaan di lapangan desa, Sabtu, 25/11 kemarin.

“Ia ini tadi awalnya saya tidak sengaja lewat sini tapi karena ramai , jadi penasaran ada pesawat remot kecil terbang yang belum pernah saya lihat , kemudian saya pulang ajak kedua anak iseng-iseng buat hiburan,” Kata salah satu warga, Ahmad.

Didorong rasa penasaran, mereka mulai merangsek saat tim pemetaan mulai merakit alat yang akan digunakan untuk menangkap citra satelit dan foto desa dari udara. Ada dua alat yang mereka gunakan saat itu, satu berbentuk pesawat, yang terbang memutari desa dan satu drone yang terbang di atas lapangan.

“Ini juga bisa menjadi pengetahuan baru bagi warga, terutama anak-anak. Mereka dikenalkan dengan alat dan profesi yang berbeda, rasa keingintahuan mereka yang nantinya akan mendorong mereka untuk berproses kreatif kedepannya,” kata Kepala Desa Tambakprogaten, Muslikhudin yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Tak puas dengan melihat saat perakitan, anak-anak yang mayoritas duduk dibangku sekolah dasar ini pun ikut berjubel saat tim yang diwakili oleh La Elson dan Rizky Aidil Perdana Putra ini memonitor arah terbang pesawat di laptop mereka. Pesawat tiga kali terbang dengan waktu 20 menit sekali terbang. Tidak sedikit dari mereka bahkan sampai tepuk tangan saat pendaratan pesawat tersebut.(gusro/adm)

Facebook Comments

Kegiatan Mendatang

Tidak ada kegiatan mendatang.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan