Langit Desa Penuh Layang-Layang

TULIS NOMER URUT - Panitia sedang menuliskan no urut di layangan salah satu peserta, kemarin.

TAMBAKPROGATEN – Pagi itu alun-alun Desa Tambakprogaten tidak seperti biasa, ratusan orang sejak pagi memadati tempat yang terletak di sebelah utara balaidesa setempat. Tidak ada umbul-umbul terlihat, dan juga tidak nampak  orang yang memakai kostum layaknya pertandingan sepakbola. Yang terlihat hanya kumpulan orang mulai dari anak kecil hingga orang dewasa membawa benang dan layang beraneka bentuk.

Ya, hari itu, Minggu 12/11 sedang diadakan festival layang-layang, pesertanya selain warga desa sekitar, juga ada beberapa peserta yang berasal dari luar kabupaten, hal itu terlihat saat mereka melakukan pendaftaran, tertera di formulir yang disediakan panitia, daerah asal mereka Cilacap dan beberapa daerah lainnya.

Panitia kegiatan, Basuki, menjelaskan festival ini diadakan, selain untuk memberi ruang positif untuk masyarakat yang hobi layang-layang, juga untuk memperingati hari pahlawan. Untuk jumlah peserta, lanjutnya ada 63 orang yang terdaftar.

“Walaupun sudah ada beberapa festival sejenis sebelumnya, namun masih banyak yang antusias untuk ikut kegiatan ini,” katanya.

MENDONGAK – Penonton yang berbaur dengan panitia asyik melihat layang-layang terbang.

Dirinya menjelaskan, untuk penilaiannya, layang-layang yang terakhir turun akan keluar sebagai pemenang. Untuk pelaksanaanya sendiri dimulai mulai pukul 13.00. Panitia menentukan benang yang digunakan untuk untuk menerbangkan layang-layang hanya 200 meter.

“Secara serentak peserta menerbangkan  layang-layang mereka, setiap 30 menit, tinggi layangan kita kurangi setiap 50 meter, sampai 3 kali, layang-layang yang paling lama bertahan, dia akan keluar sebagai pemenang,” terangnya.

Tri Wahyudi, 34 peserta asal Cilacap mengatakan, keikutsertaan dirinya dalam festival kali ini hanya murni untuk menyalurkan hobi. Dia bersama 7 orang temannya ikut ambil bagian dengan mendaftarkan 3 buah layang-layang.

“Murni hobi mas, bukan hadiah yang menjadi tujuan utama, tapi kepuasan,” jelas pria yang mengajak anaknya dalam kegiatan tersebut.(adm)

Facebook Comments

Kegiatan Mendatang

Tidak ada kegiatan mendatang.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan